Kamis, 17 Maret 2016

Ide Proyek IMKA

Tugas IMKA ini akhirnya mulai menuju ke titik inti, dimana kami harus menentukan topik atau ide untuk proyek akhir mata kuliah ini. Tentu saja masih menggunakan perangkat kesayangan kita bersama yaitu arduino uno, hanya saja kali ini mengintegrasikan lebih banyak komponen dan sedikit lebih kompleks dari biasanya.

Pemilihan Ide

Nah ketika brainstorming ide, ada 3 ide yang kami dapatkan yaitu Get Bus, Pet Feeder 2.0, Printer Braille. Ide Get Bus didapat dari proyek mata kuliah lain yang menurut kami juga dapat diimplementasikan ke dalam proyek IMKA ini menggunakan bantuan RFID. Sementara Pet Feeder 2.0 merupakan lanjutan proyek mata kuliah SisDigMik semester sebelumnya yang dibuat lebih kompleks. Dan yang terakhir, Printer Braille adalah ide salah satu anggota kami yang sudah cukup kompleks. Kemudian kami membuat feasibility matriks untuk menentukan ide mana yang paling efisien dan sedikit resiko. Berikut gambarnya.

Feasibility Matriks Get Bus, Pet Feeder 2.0, Printer Braille


Dari feasibility matriks, akhirnya kami menentukan bahwa ide proyek IMKA yang akan kami ambil adalah Pet Feeder 2.0. Yeay.


Pet Feeder 2.0

Latar Belakang

Ide Pet Feeder ini muncul dari pemelihara kucing yang khawatir dengan kucingnya ketika dia harus keluar rumah dalam waktu yang lama. Bagaimana kalau dia kelaparan? Siapa yang akan memberinya makan? Apa mungkin dia bisa mengambil makananannya sendiri? Tentu akan sulit bagi kucing melakukan pekerjaan manusia dalam menyiapkan makanan. Meskipun pemiliknya sudah menyiapkan makanan akan muncul kekhawatiran lain. Bagaimana jika kucingnya terlalu banyak makan atau makanannya malah tercecer.
Sebenarnya hewan pun memiliki pola makan sendiri yang harus diperhatikan oleh pemilik. Pola makan ini harus diatur secara teratur agar hewan peliharaan tidak jatuh sakit seperti layaknya manusia. Selain itu,  ada komposisi makanan yang harus terpenuhi agar kesehatannya terjaga. Hal-hal seperti dapat dilaksanakan selama pemiliknya ada di rumah untuk mengawasi hewan peliharannya. Namun terkadang ada aktivitas yang mengharuskan pemiliknya untuk meninggalkan hewan peliharaannya di dalam rumah.
Salah satu cara menangani kondisi ini adalah dengan automatisasi. Pemilik membutuhkan alat yang secara otomatis mampu mengatur pola makan hewan peliharaannya sekaligus menentukan takaran dan komposisi yang tepat dari makanan yang disajikan.

Deskripsi Proyek

Pet Feeder 2.0 akan membutuhkan database untuk menyimpan jadwal makan hewan dan jenis makanannya. Database tersebut akan disimpan di dalam web untuk memudahkan user dalam mengedit jadwal makan. Pemilik memasukkan informasi yang diinginkannya ke dalam database yang nantinya akan dibaca oleh arduino. Ada 2 tabung yang dipasang sebagai penampung makanan jenis 1 dan jenis 2. Dalam masing-masing tabung tersebut akan dipasangi pintu sebagai jalan keluarnya makanan ke wadah berikutnya. Wadah berikutnya merupakan wadah untuk menampung makanan yang dicampur (misal makanan yang mengandung protein dan vitamin hewan). Kemudian dari wadah tersebut ada pintu lagi sebagai keluarnya makanan ke takaran sebelum akhirnya keluar ke tempat makan hewan. Pada masing-masing pintu kan dipasang motor sebagai penggerak. Motor ini yang akan bergerak sesuai data yang disimpan dalam database untuk memastikan makanan siap disajikan pada waktu tertentu.

Berikut desain kasar proyek Pet Feeder 2.0

Desain proyek Pet Feeder 2.0


Kemampuan :
  1. Mampu mengatur jadwal makan hewan sesuai masukan dari user. Pemilik akan memasukkan waktu makan dan frekuensinya dalam sehari ke dalam database. Alat ini akan beroperasi sesuai database yang dibuat. Database ini akan disimpan di dalam web sehingga mudah diubah.
  2. Mampu mengkomposisikan jenis makanan hewan yang sesuai keinginan pemilik. Pemilik dapat menginputkan beberapa jenis makanan yang sesuai dengan hewan peliharaannya pada waktu tertentu.
  3.  Menentukan takaran umum (kuantitas) makanan dalam satu waktu atau sekali makan.
  4. Menyesuaikan kuantitas makanan dengan suhu saat itu.

Komponen (sementara) :
  • 2 tabung makanan
  • 1 wadah penampung
  • 3 motor
  • 1 toples
  • 1 Arduino
  • Kabel Jumper
  • 1 LED
  • 1 Buzzer
  • 1 Sensor Suhu
  • 1 Kamera (opsional)



 Flow Diagram :


Flow diagram secara garis besar proyek Pet Feeder 2.0

Input-Proses-Output :

Dari flow diagram, input ke dalam Pet Feeder 2.0 adalah (input) database dari user. Prosesnya adalah ketika arduino membaca kapan waktu yang tepat untuk membuka pintu makanan dan menentukan pintu mana yang harus terbuka saat itu. Kemudian pintu 3 akan menunggu beberapa detik sebelum terbuka untuk mengeluarkan makanan ke tempat makanan terakhir. Arduino juga akan menentukan lama waktu masing-masing pintu terbuka sebelum secara otomatis akan menutup ketika waktu habis. Sementara output dari proyek ini adalah makanan yang keluar sesuai spesifikasi dari user dalam database.




Semoga Proyek Pet Feeder 2.0 ini berhasil ya. Amin ^^

Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar