Rabu, 02 Maret 2016

Bermain dengan Arduino (Chapter 3)

Kalkulator Sederhana (Belum Berhasil)

Yup, seperti biasa ada tugas mingguan dari mata kuliah IMKA untuk bermain-main dengan arduino yang super canggih. Nah, tugas minggu ini adalah membuat kalkulator sederhana. Komponen yang kami gunakan adalah
- Arduino uno
- Keypad 4x4
- Potensiometer
- Jumper
- Board
- LCD 16x2

Kami memulai percobaan pada hari Selasa (23/2) dengan mencoba satu per satu komponen. Komponen yang pertama  kali kita coba sambungkan ke arduino adalah keypad 4x4. Kami cari referensi dari cookbook, kami pasang kabel sesuai gambar, lalu kami upload codenya. Hasilnya, ketika kami tekan angka 1 keluar angka 9, huh..gagal. Ternyata ketika dicoba lagi meski angka yang keluar tidak sesuai namun angka yang keluar berurutan. Kami pun menyadari bahwa kabel yang kami pasang ke arduino terbalik. setelah diperbaiki, hsasilnya memang benar. Komponen kedua yang kami coba adalah LCD. Sama seperti keypad, kami mencari referensi dari cookbook, kami pasang rangkaiannya kemudian kami upload ke arduino. LCD berhasil menampilkan kata 'hello, there' dan 'H7800, there' sesuai code yang dimasukkan meskipun cahayanya agak redup.

'H7800, there' pada layar LCD

'hello, there' pada layar LCD


Oke. Selanjutnya kami mulai menyusun rangkaian kalkulator sederhana. Sebelumnya kami mencari referensi dari google. Satu per satu project membuat kalkulator sederhana dari berbagai sumber sudah kami coba namun hasilnya nihil. Angka yang kami ketikkan pada keypad tidak mau muncul pada layar LCD. Padahal, pernah sekali LCD menunjukkan huruf aneh, namun setelah itu LCD sama sekali tidak mau memunculkan apapun, bahkan tidak bercahaya.

Huruf aneh muncul pada layar LCD

Kami sempat berpikir apakah masalahnya terletak pada LCD, karena tidak disolder? Kami berniat mensolder LCDnya namun tidak jadi. Ketika kami mencoba bongkar-pasang rangkaian, cahaya LCD berhasil menyala namun tetap saja tidak muncul apa-apa. Setiap jenis rangkaian yang kami coba mulai rangkaian dengan dan tanpa resistor atau potensiometer hingga meminjam LCD milik kelompok lain yang telah disolder ternyata tidak menunjukkan perubahan. Semua energi terkuras untuk mengerjakan tugas ini wkwkwk. Bahkan, beberapa kali code yang kami upload tidak jarang mengalami error. Kami benar-benar bingung, rangkaian sudah sama dan kodenya pun juga sama dengan referensi, namun rangkaian kami tidak berjalan semestinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar