Kamis, 24 Maret 2016

Berkirim Data dengan ESP8266

Hai… seperti biasa saya hadir untuk menulis progress proyek arduino untuk mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Tugas kali ini adalah mengirim data menggunakan ESP8266. Kelompok kami memutuskan untuk mencoba membuat proyek monitoring suhu melalui internet. Menurut kelompok kami, proyek ini sederhana karena hanya menggunakan sensor suhu yang sebelumnya sudah pernah dipakai. Rencananya pembacaan suhu dari LM35 akan ditampilkan dalam bentuk grafik pada web memanfaatkan esp8266 sebagai media berkirim data.

Komponen

Komponen-komponen yang kami gunakan adalah
  • Arduino Uno
  • ESP8266
  • LM35
  • Breadboard
  • Jumper

Rangkaian

Gambar rangkaian (diambil dari website boarduino pada referensi)


Hasil

Kami mendapat referensi dari website boarduino. Proyek pada website ini paling sederhana dibandingkan dari website lain. Awalnya kami membuat blog pada website thingspeak. Pada blog ini kami membuat channel terlebih dahulu yang nantinya akan menampilkan grafik dari data pembacaan suhu oleh LM35 melalui koneksi wi-fi dengan esp8266. Namun, setelah kami melakukan langkah-langkah sesuai pada referensi, hasilnya tidak terjadi apapun. Baik pada monitor maupun channel, suhu tidak dapat terbaca.

Kami sudah mengecek seluruh komponen mulai dari ragkaian yang sudah benar sesuai gambar, source code sudah disesuaikan (api key sudah diganti sesuai channel thingspeak), esp8266 sudah dikonfigurasi agar dapat digunakan, LM35 sudah diganti dua kali (takutnya LM35 nya rusak), wi-fi juga berfungsi. Namun tetap saja pada layar monitor yang seharusnya menampilkan list suhu (seperti proyek sebelumnya) tidak menampilkan apapun, begitu pula pada web. Setelah berjam-jam mencoba hasilnya tetap nihil.

Sekian progress dari kelompok kami. Terima Kasih. 


Referensi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar